3 Evaluasi Penting Strategi Toko Online Terbaru 2016 (Pasca Lebaran)

Merancang sebuah strategi adalah hal yang gampang-gampang susah. Sebuah pepatah mengatakan, “Lebih Baik Mundur 1 Langkah Untuk Bisa Maju 1.000 Langkah Kedepan”. Hal ini pun berlaku bagi para pemilik toko online, setelah berjibaku dengan momen Ramadhan dan Lebaran 2016, maka selanjutnya melakukan sebuah evaluasi terhadap kekurangan-kekurangan yang terjadi sebelumnya untuk menghadapi 1 tahun kedepan.

Memang setiap toko online memiliki perbedaan karakteristik masing-masing, baik dari sisi teknis maupun non teknis. Namun dalam hal ini, kami coba menganalisa secara umum mengenai hal apa saja yang harus kita evaluasi (minimal ada 3 hal penting yang harus dilakukan evaluasi) sehingga mudah dipahami oleh kita semua.

1. Evaluasi Strategi Sales Channel

Traffic !!! Ya, inilah sebuah gerbang awal untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya calon konsumen (prospect). Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa ada beberapa The Big Sales Channel (Saluran Penjualan dengan Skala Besar) di dunia online. Diantaranya bisa melalui Search Engine (Google, Yahoo, Bing, Dsb), Social Media (Facebook, Twitter, Instagram, Dsb), Marketplace (OLX, Bukalapak, Tokopedia, Dsb), Forum (Lokal / Internasional), dan sebagainya.

Lalu bagaimana kita mengetahui data mengenai traffic tersebut ? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan fasilitas gratis dari fitur milik Google, yakni Google Analytics (www.google.com/analytics) dan untuk panduan lengkapnya dapat dibaca di www.support.google.com/analytics. Lalu data penting apa yang dapat kita analisa untuk evaluasi strategi sales channel ini ? Berikut paparannya :

a.

2. Evaluasi Strategi Sales Support

Setelah calon konsumen telah masuk ke dalam website dan mulai melakukan interaksi komunikasi langsung dengan kita (baik melalui email, chat, sms, messenger, call, dan sebagainya). Maka tim sales support harus segera langsung menanganinya (quick respond). Hal ini dilakukan agar calon konsumen tersebut tidak “berpindah hati” ke website lainnya.

3. Evaluasi Strategi After Sales

Kesan pertama atau istilahnya customer experience adalah hal yang paling krusial saat orang berbelanja pertama kali pada suatu tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *